Cara Penggantian Oli Gardan Sendiri dengan Langkah Mudah

Jual Top 1 80W-90 Oli Gardan [120 mL] di Seller Mitra Mandiri Motor - Kota  Jakarta Timur, DKI Jakarta | Blibli
source gambar : blibli.com

Oli gardan merupakan salah satu pelumas yang digunakan untuk melicinkan komponen transmisi otomatis. Dengan demikian setiap komponen bisa saling bergesekan dan meminimalisir kerusakan pada komponen kendaraan.

Cara Mengganti Oli dengan Benar

Saat memiliki kendaraan, kemampuan mengganti oli terkadang memang dibutuhkan. Berikut inilah beberapa cara yang digunakan untuk melakukan penggantian oli:

1. Memilih Lokasi yang Rata

Dalam mengganti oli membutuhkan lokasi yang rata ataupun datar. Sehingga kamu bisa dengan mudah mencari area parkir yang tempatnya rata dan lebih luas untuk memudahkan dalam bergerak.

Lalu kendaraan yang akan diganti olinya di standar 2 agar lebih mudah dalam melihat gear box. Selain itu saat pengisian bisa menyesuaikan dan agar tidak terlalu berlebihan.

2. Mengeluarkan Oli Lama

Mengganti oli harus dimulai dengan mengeluarkan oli lama agar tidak tercampur dengan yang baru. Carilah lokasi baut yang digunakan untuk menguras oli sampai bersih.

Kemudian letakkan wadah di bawahnya motor tepatnya di tempat oli sebagai tempat oli lama yang akan dikeluarkan. Lalu tinggal membuka baut dan biarkan oli dari dalam motor tersebut keluar semuanya.

3. Menyiapkan Oli yang Baru

Apabila oli yang lama sudah terkuras habis maka silahkan untuk menutup bautnya kembali dan pastikan pemasangannya kencang agar tidak bocor. Setelah itu sediakan oli baru yang sesuai dengan jenis kendaraan kamu.

Gunakan oli yang berkualitas baik sehingga nantinya bisa bertahan lama. Selain itu dapat melumasi komponen kendaaran dengan baik.

4. Tuangkan Oli pada Tempatnya

Jika sudah membeli oli maka silahkan untuk menuangkan oli pada tempatnya tadi. Lakukan secara perlahan dan pastikan jangan sampai berlebihan yang membuat komponen justru akan selip.

Sebelumnya kamu harus membuka baut untuk pengisian oli yang baru. Agar lebih pas sebaiknya kamu menggunakan corong oli agar tidak meluber kemana-mana.

Demikianlah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengisi oli gardan sendiri. Melalui cara yang satu ini maka lebih hemat biaya tanpa perlu datang ke bengkel.