Doa Sebelum Belajar yang Harus Kalian Ketahui

5 Tips agar Kamu Gak Gampang Mengantuk Saat Belajar, Apa Saja?

Kegiatan atau kebiasaan berdoa memang harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Hal itu bukan tanpa alasan, karena doa merupakan sebuah harapan dari umat manusia kepada sang pencipta agar selalu diberikan kemudahan dan keberkahan dalam setiap aktivitasnya.

Salah satu doa yang harus kita ajarkan pada si buah hati, yakni doa sebelum belajar maupun sesudahnya. Dalam pandangan agama Islam, belajar dan menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban bagi setiap Muslim, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Maka dari itu, kita harus membiasakan diri untuk memulai dan mengakhiri segala sesuatunya dengan sebuah doa. Dengan begitu, maka anak-anak pun akan mengikuti kebiasaan kita. Ya, terang saja demikian, sebab perilaku anak-anak itu akan diperngaruhi oleh kebiasaan lingkungan disekitarnya.

Sehingga tanpa sadar, kebiasaan kita dalam berdoa akan diikuti oleh anak-anak. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai bacaan doa sebelum belajar.

Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Artinya

Pada dasarnya, terdapat dua versi bacaan doa sebelum belajar. Adapun mengenai bacaan doa dan artinya seperti berikut :

  • Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla, robbi zidni ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya : “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik“.

  • Robbi zidni ‘ilman warzuqni fahmaa, waj’alni minash shoolihiin.

Artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh“.

Bacaan Doa Setelah Belajar dan Artinya

  • Allahumma innii istaudi’uka maa’allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkai ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam“.

Adab Dalam Mencari Ilmu

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa adab jauh lebih penting daripada ilmu. Pasalnya, setiap orang yang beradab sudah pasti memiliki ilmu. Namun, tidak semua orang yang berilmu itu memiliki adab. Adapun mengenai adab dalam mencari ilmu yang harus diajarkan seperti berikut :

1. Niat Dengan Ikhlas

Semua hal yang diawali dengan niat secara ikhlas, Insya Allah akan mendatangkan kebaikan dan kemudahan sehingga ilmu yang kita dapatkan bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang-orang disekitar.

2. Berdoa Sebelum dan Setelah Belajar

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap Muslim untuk selalu memanjatkan doa dalam semua aktivitasnya, termasuk doa sebelum dan setelah belajar. Oleh karenanya, kita harus membibing anak-anak untuk membiasakan membaca doa, tidak hanya pada saat sebelum dan sesudah belajar namun untuk semua aktivitas.

3. Bersungguh-sungguh Dalam Mencari Ilmu

Dalam Mencari Ilmu, sebaiknya kita bersungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan kata lain, harus ada keseriusan mencari ilmu dalam bentuk perilaku yang baik.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum dan Setelah Belajar

Selain bentuk ibadah, berdoa sebelum dan sesudah belajar juga memiliki beberapa manfaat yang akan kita dapatkan lho. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya adalah, agar diberi kemudahan, memiliki tujuan yang jelas, serta mendapatkan amalan yang baik.

Nah, seperti itulah bacaan doa sebelum dan setelah bejalar, sehingga bisa kita amalkan untuk diri sendiri maupun orang lain.