Fakta Pedasnya Cabai, Bikin Kulit dan Rambut Makin Cantik

Anda suka makan pedas? Tak lengkap rasanya makanan jika tak ada cabai? Ada kabar baik, ternyata cabai yang sangat menggugah selera itu juga dapat merawat kecantikan kulit dan rambut.

Gambar oleh Brett Hondow dari Pixabay

Cabai, khususnya cabai rawit hijau, memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Cabai mengandung vitamin C, B6, K6, potassium, copper, beta karoten, hingga antioksidan yang membantu kesehatan tubuh. Secara tidak langsung, senyawa dan kandungannya juga turut berkontribusi dalam mempercantik kulit.

Dalam 15 gram cabai, setidaknya mengandung:

  • Kalori: 6
  • Air: 88%
  • Protein: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 1,3 gram
  • Gula: 0,8 gram
  • Serat: 0,2 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Violaxanthin. Antioksidan utama dalam cabai, menyumbang 37-68% dari total kandungan karotenoid.
  • Lutein. Konsumsi lutein yang tinggi meningkatkan kesehatan mata.
  • Capsaicin. Salah satu senyawa yang menimbulkan rasa pedas dan banyak manfaatnya
  • Asam sinapat. Memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh,
  • Asam ferulat, antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Berikut 5 manfaat cabai untuk kulit:

  1.  Mencegah Jerawat

Kandungan vitamin C dan E pada cabai, terutama cabai rawit yang tinggi, sangat ampuh mencegah munculnya jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya. Itu mengapa banyak produk kecantikan yang memasukkan kandungan capcaisin cabai rawit sebagai pengobatan kulit berjerawat.

Jika ingin mengonsumsi makanan mengandung cabai, makan daging tanpa lemak dan campuran cabai di atasnya dapat menjadi pilihan. Daging tanpa lemak mengandung vitamin B-3 yang meningkatkan kesehatan kulit dan sirkulasi darah. Adapun vitamin E dan zinc pada cabai membantu melawan jerawat.

  1. Melawan Radikal Bebas

Cabai adalah sumber yang kaya antioksidan. Untuk kulit, antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kanker, termasuk kanker kulit. Tak hanya itu, cabai juga mampu memperlambat penuaan, mencegah munculnya kerutan, dan membantu meningkatkan kolagen kulit.

Cabai mengandung vitamin C dan beta karoten yang membantu merawat kulit tetap bercahaya. Tingginya capcaisin pada cabai juga mampu merangsang aliran darah ke kulit.

  1. Menyamarkan Noda Hitam

Rajin mengonsumsi cabai secara tidak berlebihan dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat dan ruam kulit. Selain sifatnya yang anti-inflamasi, cabai mengandung fitonutrien yang berkontribusi melindungi imunitas tubuh, termasuk infeksi kulit.

  1. Mencegah Bakteri

Cabai bersifat antibakteri sehingga membantu kulit melawan segala alergi dan penyakit kulit akibat bakteri dan jamur. Capcaisin pada cabai membantu menjaga kulit dan meregenerasi kulit saat terjadi infeksi.

  1.  Menyehatkan Rambut

Cabai mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti potasium, zat besi, vitamin B1 dan B6 yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Dengan kualitas antioksidan dan anti-inflamasinya, capsaicin pada cabai dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan memberikan nutrisi yang cukup ke folikel rambut.

Konsumsilah cabai dengan tidak berlebihan. Mengonsumsi cabai rawit dengan porsi banyak berpotensi memiliki efek buruk pada beberapa individu. Bagi yang memiliki masalah pencernaan, mengonsumsi cabai secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan usus.

Jika ingin mempercantik kulit namun tak menyukai rasa pedas, Anda bisa memilih produk kecantikan yang memiliki kandungan capcaisin dan senyawa yang ada di dalam cabai dalam bentuk krim, sheetmask, atau kapsul. Namun bagi penyuka pedas, memakan langsung cabai terbaik untuk kesehatan kulit adalah opsi terbaik.

Dapatkan cabai segar dengan beragam jenis seperti cabai rawit, cabai hijau, hingga cabai merah besar keriting di aplikasi dan website belanja TaniHub. Situs e-commerce ini menyediakan kebutuhan sehari-hari mulai dari sayuran, buah, telur, daging hingga ikan langsung dari petani dan para peternak lokal. Ayo belanja di TaniHub dan dapatkan promo menarik setiap minggunya!

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/foods/chili-peppers
https://www.healthline.com/health/five-reasons-to-eat-spicy-foods
https://english.newstracklive.com/news/beauty-tips-for-skin-news-in-hindi-sc95-nu-1045520-1.html